Berbagi Manfaat

selau berbagi MAnfaat

Facebook untuk Pelajar

Posted by dint tenk pada 18 Februari 2010

Facebook merupakan salah satu situs jaringan social internasional yang tidak berbayar alias gratis. Mungkin karena gratis, maka anggotanyapun menjadi berlimpah dan ada di seluruh pelosok dunia. Kini facebook pun dapat diakses dengan menggunakan bahasa selain bahasa Inggris bahkan dengan bahasa Indonesia. Berbagai macam aplikasi dan fitur teknologi hadir setiap saat.

Mark Zuckerberg pelajar Pencipta FacebookMark Zuckerberg pelajar Pencipta Facebook

Pada awalnya, oleh Mark Zuckerbe sang inisiator facebook, membuat situs ini hanya untuk iseng semata dengan tujuan membangun jaringan pertemanan sesama mahasiswa di Universitas tempat ia belajar (Harvard University). Namun karena sifat teknologi informasi internet (International Network) yang bersifat global, maka dalam waktu singkat mahasiswa dan pelajar dari universitas lain bahkan dari Negara lain mendaftarkan diri sebagai member atau pemakai facebook. Lagi-lagi karena sifatnya yang gratis, sehingga tidak ada perasaan merugi ketika mencoba untuk menggunakannya.

Pada perkembangan selanjutnya, dengan jumlah ratusan juta anggota di seluruh dunia, maka berbagai tampilan dan fitur atau aplikasi pun mulai diciptakan baik oleh perusahaan pengelolah facebook, ataupun oleh penggunanya (dengan menggunakan bahasa pemprograman yang disiapkan oleh facebook) yang beragam. Demikian pula karakter dan tujuan orang bergabung di situs tersebut menjadi tidak terkendali. Sekali lagi karena sifatnya gratis. Mungkin ada orang yang bergabung untuk mencari teman, membangun jaringan secara global, mencari pendukung, menyebarkan gagasan tertentu, dan lain-lain atau untuk sekedar ekspresi narsisme.

Mengambil Manfaat yang sebesar-besarnya

Karena sifatnya yang terbuka, bebas, dan netral, serta gratis, maka pilihan-pilihan selalu berada di tangan penggunanya. Mau dipakai untuk apakah teknologi ini? Ada pilihan baik dan ada pula pilihan buruk.

Pilihan baiknya adalah: menggunakan facebook untuk mencari, menemukan dan menambah teman bergaul, berbagi, dan berdiskusi di dunia maya (tentu dapat ditindak lanjuti di dunia real). Menggunakannya untuk share informasi, berita, gambar dan atau video yang memberikan nilai tambah dan nilai ekonomi bagi pemiliknya atau mereka yang tertarik, menggunakannya untuk membangun group (kelompok) yang concern pada isu-isu public, pendidikan, social budaya dan ekonomi (bisnis). Bahkan beberapa organisasi internasional melakukan kampanye isu dan dana melalui facebook. Pilihan buruknya adalah, menggunakan facebook untuk meshare gambar, cerita, dan video yang berbau pornografi.

Kepentingan Pelajar

Bagi anak sekolah yang sedang belajar dan menapaki perjalanan menuju masa depan, maka situs jejaring social seperti facebook dapat memberikan manfaat yang besar. Karena sifatnya yang terbuka, para pelajar dapat berinteraksi, dan berkomunikasi dengan pelajar di Negara lain, membahas isu-isu yang diminati secara global. Para pelajar bahkan dapat berkomunkasi dengan tokoh-tokoh hebat Internasional seperti Bill Clinton, dan Obama. Tokoh-tokoh nasional Indonesiapun mulai banyak yang menggunakan facebook.

Tentu saja, Anda dapat mengorek informasi tentang factor yang mendukung kesuksesan mereka. Dan Anda mendapatkan pelajaran berharga. Gratis lagi. Anda bisa memilih mentor (virtual mentor) dengan pilihan yang banyak. Oleh karena itu, gunakanlah Teknologi secara Bijak.

Tinggalkan komentar